Jumat, 29 Oktober 2010

apa itu e-learning?

Apa itu e-learning?

Oleh emylin

e-learning menurut wikipedia adalah electronic learning yang maksudnya pembelajaran mengenai suatu informasi melalui internet (secara on-line) dan karena sekarang sudah zaman informasi, cara konvensional sudah mulai perlahan-lahan ditinggalkan dan sudah banyak yang mulai mencari dan menggunakan e-learning.

Dengan menggunakan e-learning kita mendapat banyak keuntungan, seperti :

-hemat waktu, karena tidak lagi perlu ke suatu tempat untuk belajar mengenai sesuatu

-hemat uang, karena biaya yang dikeluarkan lebih sedikit

-dapat dilakukan kapan saja

-dan dimana saja….

Hal inilah yang membuat e-leaning menjadi sesuatu yang “HOT” saat ini.

Pertumbuhan e-learning di negara-negara maju seperti di Amerika dan Inggris sangat tinggi dan sekarang ini sudah mulai merambat ke negara-negara Asia. Singapura sebagai salah satu negara maju di Asia sudah memulai langkahnya di dunia e-learning dengan berdirinya skyquestcom yang telah mendapatkan Deloitte Tech Fast 500 di tahun 2005 yang sangat bergengsi untuk suatu perusahaan yang baru berusia tiga tahun saat itu.

Skyquestcom terus berkembang dan tidak hanya di singapura tapi telah merambat sampai ke Malaysia, Jepang, India, Korea, China dan Indonesia.

Indonesia saat ini sudah termasuk salah satu negara yang mulai memasuki dunia on-line, ini terlihat dari pertumbuhan penjualan notebook dan jaringan internet yang terus meningkat bahkan menurut Kompasstatistik yang dikeluarkan IDC, misalnya, untuk tahun 2005 ini diperkirakan total komputer notebook yang akan terjual 84.205 unit. Dan, pada tahun 2006 nanti prediksi penjualan notebook akan mencapai 99.539 unit, menandakan meningkatnya kebutuhan konsumen akan komputer notebook.”

Di Indonesia e-learning masih terdengar asing di telinga kita, tetapi untuk beberapa tahun mendatang apakah akan tetap seperti itu?? Pasti tidak karena perkembangan teknologi yang tinggi saat ini, jaringan internet sudah mulai masuk desa hal ini sama saat terjadi jaringan tv masuk desa. Perkembangannya akan sangat pesat bahkan banyak ahli meramalkan akan lebih cepat dibandingkan pertumbuhan jaringan tv atau radio.

Apakah anda termasuk diantaranya ??


Tidak ada komentar:

Posting Komentar